Selasa, 17 Juli 2012

Eksperimen Fisika : Pesawat Sederhana (Part 1)


Kali ini kita akan membahas tentang salah satu percobaan fisika yaitu pesawat sederhana. Lebih tepatnya adalah katrol. Nanti ada katrol tetap, katrol bebas, katrol ganda. Sebenarnya blok katrol juga bisa tetapi terlalu rumit dan blok katrol itu berbeda-beda. Kali ini kita juga akan mengetahui keuntungan mekanis pada katrol tetap, katrol bebas, dan katrol ganda.

Alat dan Bahan :
1. Neraca Pegas ( Dinamometer )
2. Roda berporos ( kira-kira gambarnya seperti disamping)
3. Tali (yang kuat)
4. Beban ( yang beratnya kira-kira 1 N )
5. Penyangga ( Papan yang dapat berdiri tegak )

Cara Kerja :
1. Sambunglah tali ke beban dan pasang dinamometer di ujung tali satunya. Angkat seperti mengangkat beban biasa. Amati, berapa berat beban di dinamo meter?
2. Rangkailah katrol seperti gambar di bawah ini :
 Katrol Tetap
Image and video hosting by TinyPic
Jangan lupa pasang Dinamometer di ujung tali sebelahnya. Kemudian amati, berapa berat beban yang terlihat di dinamometer?
3. Rangkailah katrol seperti gambar di bawah ini :
 Katrol Bebas
Image and video hosting by TinyPic
Sekali lagi jangan lupa pasang Dinamometer di ujung tali sebelahnya. Kemudian amati berapa berat beban yang terlihat di Dinamometer?

4. Rangkailah katrol seperti gambar di bawah ini :
 Katrol Ganda
Image and video hosting by TinyPic
Dan ini yang terakhir, jangan lupa memasang Dinamometer di ujung tali satunya. Kemudian amati berapa berat beban yang terlihat di dinamometer?

Berat bebannya adalah :
 ( Sebutkan di komentar dahulu)
1. Berat beban saat di angkat adalah 1, Berat beban pada katrol tetap adalah 1, Berat beban pada katrol bebas 0,5 , Berat beban pada katrol ganda adalah 0,5

Kesimpulan :
 ( Jawab di komentar dahulu )
Katrol tetap mempunyai keuntungan mekanis tetapi keuntungannya adalah arah gaya ke bawah, Katrol bebas mempunyai keuntungan mekanis 2 tetapi kekurangannya menariknya keatas, Katrol ganda mempunyai 2 keuntungan yaitu, mempunyai keuntungan mekanisnya 2 dan menariknya ke bawah.

Mungkin ada yang bertanya seperti ini : Mengapa menarik ke atas dan ke bawah dapat mempengaruhi gaya yang dibutuhkan? Karena menarik beban ke atas sama dengan melawan arah gaya gravitasi, sehingga terasa lebih berat. Sedangkan saat menarik beban ke bawah akan terasa lebih mudah karena searah dengan gaya gravitasi.

* Keuntungan mekanis belum tentu benar karena adanya gaya gesek antara tali dan roda. Banyak tali juga dapat mempengaruhi besar kecilnya gaya gesek.
** Kegiatan ini hanya berlaku di bumi. ^_^

Maaf jika artikelnya kurang bisa dimengerti. Apakah ada yang berbeda berat bendanya jika ada itu pasti karena masalah gaya gesek.

Selamat BerEksperimen !

0 komentar:

Posting Komentar